Minggu, 03 Juli 2011

PIKIRAN PICIK DAN SEMPIT

Pada dasarnya banyak manusia yang mempunyai pikiran sempit dan picik ini dimiliki oleh orang-orang yang merasa dirinya selalu benar, paling hebat, paling pintar, paling senior, paling berpengalaman, paling relijius, dan paling-paling yang lainnya. Karena merasa diri paling, maka orang itu tidak mau menerima saran, kritik, ide baru dan juga perubahan. Orang yang berpikiran sempit dan picik, senangnya hanya mengatur dan mendikte orang lain, menyerang orang lain dengan cara merendahkannya baik secara langsung maupun dibelakang. Orang dengan tipe ini menganggap bahwa hidup tidak akan berjalan tanpa dirinya.
Orang-orang yang tidak menerima perbedaan, menganggap diri selalu benar, paling pintar, paling senior, paling tahu, dan paling-paling yang lainnya, akan membuat kelompok mengalami stagnasi, berputar dalam lingkaran. Orang-orang yang berpikiran panjang dan luas bisa menerima perubahan, menghargai perbedaan, terbuka untuk kemajuan dan memandang positif dari hal atau kejadian yang paling negatif sekalipun. Orang-orang dengan tipe ini bila berada dalam kelompok atau komunitas, akan membawa kelompok atau komunitas tersebut menuju kemajuan yang signifikan karena kemajuan hanya dimiliki oleh orang-orang yang mau terbuka, rendah hati, positif dan belajar. Mereka tidak pernah merasa diri hebat, apalagi mengklaim diri hebat. Ilmunya hanya ilmu padi, makin berisi makin menunduk. Karena orang yang terbuka dan tidak berpikiran sempit selalu memandang bahwa dari orang yang paling kecil pun, ia belajar banyak dari mereka atau dari hal yang paling keliru pun, ada hal positif yang bisa diambil.
Mari kita renungkan bersama, apakah kita bisa maju tanpa orang lain, dan apakah kita ingin menjadi orang yang hebat tetapi dengan tidak disukai orang lain karena sikap kita….?. Perlu kita sadari bahwa orang akan melihat kita dari perilaku kita, hasil kerja kita, penghargaan kita kepada orang lain dan cara kita memuliakan orang lain.
Sumber : Mario teguh dalam acara “Mario teguh golden ways”.

1 komentar:

  1. Tipe orang seperti ini memang abnyak kita jumpai gan, mudah-mudahan kita tidak termasuk dalam kategori ini, artikel yang menarik sob, salam kenal.

    BalasHapus