1. Internet kependekan dari “Interconnection networking.
2. Pengertian internet adalah kumpulan computer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan.
3. Internet ada 2 tipe computer yaitu Client dan Server.
4. Komputer server menyediakan layanan informasi di internet.
5. Komputer client hanya untuk mengakses informasi dari layanan server.
6.IP (Internet Protocol) adalah identitas dari setiap computer yang terhubung dengan internet.
7.Peranan internet: 1. Sebagai sumber informasi, 2. Sebagai pertukaran data dan informasi.
8. Internet pertama kali diperkenalkan tahun 1969 oleh ARPA.
9. Internet digunakan di Indonesia tahun 1994.
10. Aplikasi Internet : WWW, E-mail, milis, Newsgroup, IRC, FTP, Telnet, Gropher, Ping, VoIP
11. WWW kependekan dari “Word Wide Web” adalah dokumen yang tersimpan dalam server diseluruh dunia dalam bentuk HTML.
12. E-mail (Electronic mail) adalah aplikasi internet dalam bentuk surat menyurat elektronik.
13. Milis (Mailing list), adalah aplikasi internet untuk sarana dikusi memalui email.
14. Newsgroup, adalah aplikasi internetuntuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya dalam sebuah forum.
15. IRC (Internet Relay Chat), aplikasi internet untuk bercakap – cakap atau chating.
16. FTP (File Transfer Protocol), aplikasi internet untuk mengirimkan atau mengambil file dari sebuah computer.
17. Telnet, aplikasi internet untuk mengakses computer yang letaknya jauh.
18. Gropher, untuk mencari informasi yang ada di internet yang terbatas hanya teks saja.
19. Ping (Packet Internet Gropher), untuk mengetahui apakah computer yang digunakan terhubung dengan koneksi internet.
20. VoIP (Voice over Internet Protocol), layanan untuk menelepon lewat internet.
21. Yang dapat dilakukan dalam internet: Browsing, Searching, Chatting, Download, Upload.
22. Browsing, adalah kegiatan menjelajahi situs-situs di internet untuk mendapatkan informasi.
23. Searching, adalah kegiatan mencari informasi dengan menggunakan bantuan mesin pencari. (google misalnya).
24. Chatting, adalah mengobrol atau bercakap-cakap di internet.
25. Download (unduh), adalah mengambil data atau informasi dari internet ke computer kita.
26. Upload (unggah), adalah mengirim data atau informasi dari computer kita ke computer internet.
27. Kegunaan internet: 1. Sarana mendapatkan dan menyampaikan informasi cepat murah dan mudah, 2. Mengurangi biaya distribusi, 3. Dapat untuk media promosi, 4. Sarana komunikasi interaktif, 5. Sarana bertukar data, 6. Alat research dan development.
28. Intranet, adalah jaringan system informasi internal pada perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet.
29. Keuntungan intranet: 1. Produktivitas kerja, 2. Efisiensi waktu, 3. Komunikasi, 4. Sistem publikasi web, 5. Efektifitas kerja.
30. Perbedaan internet dan intranet: 1. Internet bersifat global, intranet terbatas, 2. Internet melalui saluran komunikasi, sedangkan intranet koneksi antar kelompok kerja saja, 3. Internet bebas siapa saja boleh menggunakan, sedangkan intranet hanya orang-orang tertentu saja.
31. Konsep dasar jaringan computer lahir tahun 1940an oleh Howard Iken.
32. Sistem TSS computer terhubung secara seri ke computer host terminal.
33. Tahun 1970an muncul system jaringan komputer proses distribusi (distributed processing).
34. Tahun 1980an muncul teknologi LAN (Local Area Networking).
35. Jenis jaringan computer berdasarkan cara pemrosesan dan pengaksesan: 1. Jaringan Host Terminal, 2. Client Server, 3. Peer to Peer Network.
36. Jaringan Host Terminal, terdiri dari sebuah atau lebih server yang dihubungkan dalam satu dumb terminal dengan kabel RS-232.
37. Jaringan Client Server, terdiri dari sebuah server atau lebih yang dihubungkan dengan beberapa klien.
38. Peer to Peer Network, jaringan yang terdiri dari beberapa computer yang dapat digunakan bersama-sama.
39. Jaringan computer berdasarkan metode distribusi data: 1. Jaringan terpusat, 2. Jaringan distribusi.
40. Jaringan computer berdasarkan jarak: 1. LAN (Local Area Networking), 2. MAN (Metropolitan Area Networking), 3. WAN (Wait Area Networking).
41. LAN (Local Area Networking), adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran.
42. LAN (Local Area Networking), jarak antar prosesor: 10 meter untuk ruangan, 100 m untuk gedung, dan 1 km untuk kampus.
43. Ciri-ciri jaringan LAN (Local Area Networking): 1. Digunakan dalam satu tempat yang jaraknya hanya beberapa meter, 2. Komputer yang digunakan saling memberi sumber daya, 3. Menggunakan sumber daya yang sama, 4. Komputer yang digunakan dapat saling berkomunikasi, 5. Dapat saling bertukar informasi.
44. MAN (Metropolitan Area Networking), adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Contoh: jaringan computer Bank.
45. MAN (Metropolitan Area Networking), jarak antar prosesor 10 km untuk kota atau provinsi.
46. MAN (Metropolitan Area Networking), kelebihannya: jangkauan luas.
47. MAN (Metropolitan Area Networking), kekurangannya transfer datanya lambat dan data yang diterima tidak semua asli.
48. WAN (Wait Area Networking), adalah jaringan kompueter yang mencakup area yang sangat luas, benua dan Negara. Menggunakan satelit atau kabel bawah laut.
49. WAN (Wait Area Networking), jarak antar prosesor 100 km untuk Negara, dan 1000 km untuk benua.
50. Bentuk jaringan computer: 1. Topologi jaringan BUS, 2. Bentuk jaringan Star, 3. Bentuk jaringan Ring, 4. Bentuk jaringan mesh, 5. Bentuk jaringan Tree, 6. Jaringan Nirkabel.
51. Topologi jaringan BUS, adalah computer yang berfungsi sebagai server dan workstation dihubungkan oleh kabel tunggal.
52. Topologi jaringan BUS, keunggulannya: 1. Hemat kabel, 2. Layout kabel sederhana, 3. Mudah dikebangkan.
53. Kelemahan Topologi jaringan BUS: 1. Deteksi kesalahan sangat kecil, 2. Kepadatan lalu lintas data tinggi, 3. Bila ada satu client rusak maka jaringan tidak berfungsi.
54. Bentuk jaringan Star, control terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut (server).
55. Keuntungan Bentuk jaringan Star: 1. Paling fleksibel, 2. Pemasangan stasiun sangat mudah, 3. Kontrol terpusat, 4. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan.
56. Kerugian atau kelemahan Bentuk jaringan Star: 1. Boros kabel, 2. Perlu penanganan khusus, 3. Kontrol terpusat jadi elemen kritis.
57. Bentuk jaringan Ring, metode yang biasa disebut token ring yaitu menghubungkan computer sehingga berbentuk lingkaran.
58. Keuntungan Bentuk jaringan Ring: hemat kabel.
59. Kerugian atau kelemahan Bentuk jaringan Ring: 1. Peka terhadap kesalahan, 2. Pengembangan jaringan lebih kaku.
60. Bentuk jaringan mesh, semua computer yang terhubung adalah central atau node.
61. Bentuk jaringan Tree, topologi ini sering disebut jaringan pohon atau jaringan bertingkat. Jaringan ini paling umum digunakan.
62. Jaringan Nirkabel, disebut juga dengan jaringan tanpa kabel (wireless network) yaitu jaringan yang tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkan computer dalam suatu jaringan internet.
63. Keunggulan Jaringan Nirkabel: 1. Jaringan Nirkabel menyediakan pengaksesan secara realtime, 2. Proses instalasi jaringan cepat dan mudah, 3. Sangat fleksibel terhadap tempat, 4. Biaya instalasi lebih murah.
64. Kelemahan Jaringan Nirkabel: 1. Transmisi data hanya 1-2 Mbps, 2. Transmisi data dari computer yang berbeda dapat mengganggu, 3. Biaya peralatan mahal, 4. Adanya delay yang besar, 5. Adanya propagansi radio, 6. Sinyal terputus putus.
65. Protokol jaringan yang sering digunakan: 1. Ethernet, 2. Apple talk, 3. Token Ring, 4. FDDI (Fiber Distributed Data Interface), 5. ATM (Asynchronous Transfer Mode).
66. Ethernet, paling banyak digunakan untuk membuat jaringan LAN dengan kabel coaxial, fiber optic dengan kecepatan 10 MB dan kecepatan tranmisi 10-100 Mbps.
67. Apple talk, dikembangkan oleh perusahaan Apple computer dengan kecepatan tranmisi 230 Kbps.
68. Token Ring, paling banyak kedua setelah Ethernet. Kecepatan tranmisi data 4 Mbps – 16 Mbps. Dikembangkan oleh IBM
69. FDDI (Fiber Distributed Data Interface), rangkaian standar untuk tranmisi data menggunakan serat optic pada jaringan local (LAN) yang dapat mejangkau 200 KM.
70. ATM (Asynchronous Transfer Mode). Protokol jaringan dengan kecepatan tranmisi 155Mbps.
71. Hacking : usaha memasuki jaringan dengan maksud mengekplorasi atau mencari kelemahan system jaringan secara illegal. Orangnya disebut Hacker
72. Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan maksud mencuri, mengubah, menghancurkan file atau data yang ada dalam jaringan tersebut.
73. Cara yang digunakan Hacker atau Craker : 1. Spoofing, 2. Scanner, 3. Sniffer, 4. Pasword Cracker, 5. Destructive Device
74. Spoofing : Penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker login ke sebuah jaringan computer di jaringan.
75. Snanner : Menggunakan sebuah program yang secara otomatis mendeteksi kelemahan system keamanan sebuah jaringan computer.
76. Sniffer : Program ini sebagai penganalisis jaringan computer, mengatur kartu jaringan untuk memonitor dan menangkap lalu lintas data.
77. Pasword Cracker : Program untuk membuka paksa password yang sudah dienkripsi
78. Destructive Device : Program yang berupa virus dibuat untuk menghancurkan data.
79. Kriptografi yaitu seni menyandikan data;
80. Enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sandi
81. Dekrepsi adalah proses mengenbalikan data sandi menjadi data asli
82. data asli sebelum disandikan adalah plain teks
83. data hasil penyandian disebut cipher teks.
84. manfaat jaringan computer : 1. Membagi sumber daya, 2. Reliabilitas tinggi, 3. Menghemat uang, 4. Sarana komunikasi, 5. Lisensi software lebih murah, 6. Membantu menmertahankan informasi tetap uptodate
“Kejujuran adalah ciri insan akademik”
“Jangan berkata selalu bisa bila belum membuktikannya, tetapi jangan berkata tidak bisa sehingga kamu menggunakan cara-cara yang tidak bijaksana”
Selamat mengerjakan……….!
Suported by : Romi F. S. Pd. (Lab. Komputer Estib)
banyak yang keluar pak..
BalasHapus